Friday, April 21, 2017

Tips Sukses Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis dan Usaha


Tips Meningkatkan Omset Penjualan - Dalam dunia bisnis ada beberapa hal yang menjadi inti dari bisnis atau usaha itu sendiri, beberapa hal tersebut adalah input, proses dan juga output. Dimana input meliputi masukan yang berarti bahan baku atau ide-ide kreatif yang nantinya di kembangkan di dalam proses yang berisi produksi suatu barang atau jasa yang mana pada akhirnya membutuhkan output sebagai wadah atau keluaran dari proses produksi tersebut.

Di pembahasan kali ini seribupeluang akan mengulas salah satu bentuk output yakni omzet penjualan. Tentu saja semua pengusaha ingin penjualannya laris manis yang berujung pada omset penjualan yang membludak yang berimbas pada keuntungan usaha. Untuk mewujudkan itu semua bukanlah hal yang mudah, karena saat ini di dalam dunia bisnis persaingannya sangat ketat, belum lagi keadaan pasar yang terus berubah, tren menjadi salah satu penyebab suatu barang atau jasa laku di pasaran.

Tips Sukses Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis

Bicara masalah omset, maka disini semua saling berkaitan, terutama apakah barang atau jasa yang kita jual di sukai masyarakat pada umumnya, disinilah pentingnya kita menganalisa suatu usaha sebelum memulai usaha tersebut. Berikut ini beberapa kiat penting meningkatkan omset penjualan yang mungkin bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tips Sukses Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis


1. Mencari Pelanggan Baru

Konsumen merupakan salah satu faktor yang menentukan sukses tidaknya suatu usaha, semakin banyak konsumen yang membeli produk kita maka omset penjualan juga meningkat. Untuk itu penting sekali menarik minat konsumen agar mau membeli produk atau menggunakan jasa yang kita tawarkan.

Untuk mendapatkan konsumen baru maka banyak sekali hal yang bisa di lakukan, mulai dari promosi yang tepat dan tertarget serta go online atau menjual barang secara online.

Promosi saat ini pun bisa di lakukan dengan banyak cara, namun jika usaha anda sudah go online, maka promosi di media sosial merupakan cara yang terbaik. Dengan promosi yang tepat, produk anda akan di kenal secara luas yang berujung pada bertambahnya jumlah konsumen.

Namun selain itu, ada kaidah penting yang harus di perhatikan, jika kita ingin konsumen bertambah dan konsumen lama tidak pergi maka kita perlu meningkatkan dan menjaga kualitas produk atau jasa yang di jual, karena kualitas sangat menentukan.

2. Mempertahankan Pelanggan Lama

Fokus mencari pelanggan baru lalu melupakan pelanggan lama merupakan kesalahan yang sering terjadi. Padahal pelanggan lama merupakan aset yang penting. Ungakapan yang mengatakan "mempertahankan lebih sulit dari mencari baru" memang benar adanya. Karena mempertahankan pelanggan lama cukup sulit, karena kita sebagai manusia sering tertarik dengan produk milik orang lain, meskipun produk tersebut sama.

Cara yang mungkin bisa di lakukan untuk mempertahankan produk lama adalah menjaga komunikasi dan pelayanan, semakin kita loyal kepada pelanggan lama maka kesetiaan mereka akan terjaga.

Kita perlu memperkenalkan produk atau jasa baru jika memang ada kepada pelanggan, dengan begitu pelanggan lama tidak perlu membeli dari pihak lain. Misanya saja jika kita sekarang menjual smartphone, maka untuk mendukung itu kita bisa menjual perlengkapannya seperti aksesoris misalnya.

3. Pelayanan Prima

Omset akan meningkat saat produk atau jasa laku keras di pasaran, itu berarti jumlah konsumen atau pelanggan sangat banyak. Untuk menggaet pelanggan maka perlu pelayanan yang prima dari kita sebagai pelaku usaha.

Dengan pelayanan yang maksimal maka akan memberi kesan positif yang membuat konsumen setia dengan produk kita. Dengan konsumen yang setia dan loyal, secara tidak langsung akan menjadi media promosi gratis yang tepat sasaran, karena promosi mulut ke mulut lebih tepat dan berdampak.

4. Produk Yang Kreatif

Untuk menggaet omset/yang besar perlu produk atau jasa yang pantas, dalam artian produk atau jasa tersebut memiliki nilai lebih di masyarakat. Jika anda mampu menghadirkan produk yang bervariasi dengan seni kreatifitas di dalamnya tentu menjadi nilai lebih.

Saat ini di era modern sepertinya produk yang unik banyak di beli. Termasuk juga jenis-jenis produk yang di kembangkan dari produk lama yang lebih di kenal dengan inovasi produk. Jadi kratif itu harus.

5. Harga Yang "Bersahabat"

Harga sangat menentukan kebijakan konsumen sebelum membeli suatu produk atau menggunakan jasa ternetu, selama harga tersebut sesuai maka konsumen tidak ragu membelinya. Namun perlu di ketahui, harga disini perlu di sesuaikan dengan produk atau jasa yang kita berikan. Sebagai perumpamaan saja, jika kita membuat produk dengan bahan dasar murah namun proses membuatnya sulit maka tidak masalah menjual dengan harga mahal, apalagi jika sangat di butuhkan konsumen.

Intinya bagaimana kita pintar dalam menentukan harga, harga yang bersahabat dengan konsumen tentu sangat di rekomendasikan.
Baca Juga : Tips Membangun Kepercayaan Konsumen Dalam Berjualan Online
Itulah beberapa tips yang mungkin bisa menjadi referensi. Untuk mendapatkan omset yang besar memang kita perlu melakukan hal yang besar, selalu ikhtiar dalam menjemput rezeki-Nya dan semangat dalam kebaikan-kebaikan. Cukup sekian yang dapat kami bagikan semoga info tips sukses meningkatkan omzet penjualan bermanfaat.