Thursday, September 15, 2016

Tips Membangun Loyalitas Pelanggan untuk Kesuksesan Bisnis


Tips Bagaimana Membangun Loyalitas Pelanggan - Parameter kesuksesan bisnis bukan hanya terletak pada bagaimana meraih keuntungan yang besar dengan menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya. Namun lebih dari itu semua, bahwa kepuasan pelanggan juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab mereka adalah asset potensial untuk perkembangan sebuah bisnis.

Kesan posisif dari pelanggan berupa kepuasan produk, jasa dan layanan yang diberikan, merupakan hal penting guna menjaga bisnis Anda. Mereka akan mudah bertransaksi kembali di lain waktu dan semakin loyal terhadap setiap penawaran yang diberikan. Dampak terbesarnya adalah testimoni kepuasan yang mereka rasakan berbuah viral di tengah-tengah masyarakat. Kemudian menjadi senjata yang berguna untuk kesuksesan bisnis.

Tips Membangun Loyalitas Pelanggan untuk Kesuksesan Bisnis

Maka bisnis memiliki dua arah yang harus diperhatikan seksama. Arah pertama yakni sebelum tranksaksi terjadi. Dimana layanan marketing menawarkan informasi terkait produk kepada pelanggan dengan sebaik-baiknya, sehingga akhirnya pelanggan percaya dan mau membelinya. Arah kedua adalah sesudah transaksi. Dimana layanan yang diberikan fokus pada kenyamanan pelanggan setelah mereka membeli produk yang ditawarkan sebelumnya. Sehingga tercipta pelanggan yang loyalis terhadap sebuah bisnis.

Selengkapnya, Anda dapat menyimak ulasan bagaimana cara membangun loyalitas pelanggan yang tepat bagi kesuksesan bisnis Anda.

Tips Bagaimana Membangun Loyalitas Pelanggan


1. Tetap Melakukan Komunikasi Secara Personal

Komunikasi dapat mempererat hubungan menjadi lebih hangat dan dekat. Untuk itu, gunakan media apapun untuk tetap menjalin komunikasi dengan pelanggan. Komunikasi bisa dilakukan melalui online seperti email, inbox di media sosial, kontak BBM dan lainnya. Anda dapat pula memanfaatkan hari libur untuk sekedar ‘say hello’ kepada mereka dengan mengunjungi secara langsung. Misalnya berkunjung di rumah, bersua di tempat usahanya atau melakukan hobi secara bersama. Kehangatan seperti ini akan memberikan kesan positif bagi pelanggan pada pribadi dan bisnis Anda.

2. Mudahkan Pelanggan Untuk Mengetahui Bisnis Anda

Jalin hubungan bisnis dengan melakukan kontak personal akan membuat pelanggan lebih dihargai. Sampaikan informasi mengenai produk terkait yang pernah mereka beli sebelumnya, menawarkan promo produk, memberitahukan adanya produk terbaru dan terlaris baik melalui newsletter atau kontak secara langsung.

3. Mempererat Komunikasi Melalui Acara Spesial

Hari-hari spesial biasanya mudah memberi kesan yang berarti. Anda dapat memanfaatkannya untuk menjalin kedekatan dengan pelanggan. Seperti mengirim kartu ucapan ulang tahun, kirim kartu hari raya, mengucapkan selamat atas kelahiran, ikut mendatangi undangan pernikahannya jika memang diundang, atau bahkan bisa pula member hadiah spesial tertentu lainnya.

4. Memperbaiki Layanan Pelanggan

Tidak dapat dipungkiri, bahwa pelayanan juga faktor utama pertumbuhan sebuah bisnis. Dalam rangka menjaga loyalitas pelanggan, Anda dapat menyediakan costumer care untuk layanan after sales bagi pelanggan yang pernah bertransaksi. Layanan ini dapat dimanfaatkan untuk menanggapi setiap kesulitan dan keluhan yang dirasakan oleh pelanggan. Prinsip respon cepat dan tanggap tetap diutamakan demi menjaga bisnis yang lebih baik.                                              

5. Berikan Keunggulan Dibanding Bisnis Lain

Dalam bisnis apapun, unsur keunggulan produk, jasa dan layanan yang ditawarkan akan cepat mendapatkan tempat bagi pelanggan. Mereka cenderung lebih memilih bisnis yang memiliki keistimewaan sendiri dibandingkan dengan bisnis lain yang serupa. Keunggulan yang dapat dimunculkan dapat berupa volume lebih banyak, harga murah dan selalu berdiskon, rasa lebih enak, kemasan menarik, fitur lebih lengkap, layanan gratis ongkos kirim dan sebagainya.

6. Selalu Berinovasi

Berawal dari kecenderungan manusia yang tidak mudah puas akan kebutuhan yang ada, maka tuntutan hadirnya produk dan layanan yang terus update makin diminati. Update tersebut dapat berupa inovasi terkait produk, layanan maupun cara berkomunikasi dengan pelanggan.

7. Menciptakan Varian Baru

Strategi pengembangan produk juga bisa dilakukan dengan cara menghadirkan varian baru pada produk yang sudah ada. Hal ini sebagai upaya untuk mengantisipasi kebosanan pelanggan pada suatu produk. Strategi seperti ini berhasil dilakukan oleh perusahaan besar guna mempertahankan pelanggan. Dampaknya, banyak pelanggan yang selalu menanti-nanti varian terbaru pada sebuah brand produk tertentu. Anda bisa melihat bagaimana bisnis smartphone dapat terus berkembang akibat dari munculnya varian-varian baru yang lebih fresh dari sebelumnya.

8. Lakukan Program-promosi Secara Berkala

Bagaimana cara membangun loyalitas konsumen lainnya adalah dengan cara membuat program promosi secara berkala, seperti setiap tahun sekali, setiap perayaan hari raya, atau dapat pula setiap ada event tertentu. Diskon, paket pembelian, voucher pembelian, penukaran poin dan sebagainya dapat dilakukan untuk mempertahankan pelanggan dalam menjaga bisnis terus berjalan.

9. Menawarkan Program Menarik Bagi Pelanggan

Anda bisa membuat program khusus sebagai member. Kemudian berikan insentif yang menarik setiap mereka melakukan pembelian. Misalnya potongan harga bagi pembeli yang memiliki kartu member, atau pemberian poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah tertentu atau bonus bagi setiap member yang melakukan transaksi dalam jumlah besar.

10. Menciptakan Peluang Yang Saling Menguntungkan

Salah satu cara efektif agar tetap terjalin komunikasi dan transaksi dengan pelanggan adalah dengan mengajak mereka menjadi reseller. Tawarkan peluang bisnis ini kepada pelanggan setia Anda. Sampaikanlah maksud, tujuan dan keuntungan yang didapatkan. Strategi yang sangat menarik sekali untuk diterapkan. Sebab melalui cara ini, kemungkinan besar, mereka akan selalu melakukan pembelian secara berulang-ulang sesuai penjualan yang mereka lakukan. Jangan lupa pula, berikan reward bagi pelanggan yang berhasil memasarkan produk dalam jumlah tertentu.

Pada kenyataannya, setiap bisnis memang tidak bisa dilepaskan dari pelanggan. Sebab dari merekalah hadirnya keuntungan. Sehingga, wajib hukumnya bagi bisnis apapun untuk tetap memperhatikan dan mempertahankannya guna menjaga bisnis tetap berjalan dengan baik. Terlebih lagi, merekalah sebenarnya yang membuat bisnis Anda makin berkembang, dan terus berkembang hingga meraih kesuksesan.
Baca Juga : 9 Tips Sukses Memulai Usaha Jualan Jus Buah di Pinggir Jalan
Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membangun loyalitas pelanggan demi kesuksesan bisnis Anda. Cukup sekian yang dapat kami bagikan, semoga informasi ini bisa bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel ini jika memang bermanfaat. Terimakasih sudah membaca ulasan Tips Membangun Loyalitas Pelanggan.