Thursday, June 11, 2015

Tips Sukses Menjalankan Usaha Katering Bagi Pemula


Tips Sukses Usaha Katering - Bisnis kuliner saat ini menjadi salah satu bisnis paling menjanjikan untuk di jalankan, prospek usaha ini akan terus cemerlang mengingat kuliner atau makanan merupakan kebutuhan pokok bagi semua manusia. Salah satu bisnis bidang kuliner yang bisa di jalankan adalah bisnis katering. Usaha katering menjadi tren bisnis belakangan ini dan jumlah pengusaha katering terus meningkat sehingga persaingan di dalam bisnis katering ini cukup ketat.

Usaha katering ini sangat cocok di jalankan oleh ibu rumah tangga, karena memasak merupakan kegemaran dari ibu rumah tangga. Bisnis katering juga cocok di jalankan bagi anda yang memiliki kegemaran terhadap makanan atau bagi anda yang melihat peluang yang besar di dalam bisnis katering ini.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Katering Bagi Pemula

Bisnis katering ini biasanya di butuhkan ketika ada acara seperti hajatan, pernikahan, sunatan, reuni dan lain sebagainya. Saat ini hampir setiap hari pasti ada saja acara tersebut terutama di daerah pemukiman padat. Katering menjadi pilihan banyak orang karena dengan katering, tidak perlu repot-repot lagi memasak untuk para tamu undangan. Nah, bagi anda yang ingin sukses usaha katering mungkin bisa membaca beberapa tips sukses usaha katering berikut ini, siapa tahu bisa bermanfaat bagi anda.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Katering Bagi Pemula


1. Persiapkan Modal Awal

Modal awal untuk memulai usaha katering tergantung dari skala usaha katering itu sendiri. Karena anda masih pemula sebaiknya memulai usaha katering dari skala kecil, yakni dengan modal sekitar 2-5 jutaan saja. Nantinya bisa anda kembangkan menggunakan uang dari keuntungan bisnis katering anda. Agar semakin menekan modal awal, anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan perlengkapan dapur dari rumah anda.

2. Lokasi Usaha Katering

Usaha ini sebenarnya bisa di jalankan dimana saja, baik di desa mauapun di kota. Namun dengan syarat lokasi yang strategis karena dengan lokasi yang strategis akan banyak orang yang menggunakan katering anda. Lokasi yang strategis adalah lokasi yang ramai dengan jumlah penduduk yang padat.

3. Jenis Makanan dan Kualitas Makanan

Usaha katering harus menawarkan masakan beraneka jenis. Maka dari itu, anda harus meningkatkan pengetahuan tentang makanan dan belajar bagaimana membuat makanan tersebut. Selain itu, kualitas makanan merupakan hal yang sangat penting. Usahakan kualitas makanan mulai dari rasa, bentuk, kebersihan dan kesehatan berada pada standar yang baik.

4. Strategi Pemasaran/Promosi

Strategi pemasaran seperti promosi dan promo sangat penting dalam usaha katering ini. Dari mana orang lain tahu jika tidak anda promosikan. Nantinya pun setelah ada orang yang memesan katering anda, anda bisa memberikan promo harga murah sebagai strategi awalan. Selama kesan pertama dari konsumen tersebut memuaskan, maka tidak menutup kemungkinan konsumen tersebut menyebar luaskan usaha katering anda kepada orang lain. Dengan begitu anda terbantu promosi dari orang lain.

5. Harga

Karena anda masih pemula dalam memulai bisnis ini, jangan sampai mematok harga makanan yang terlalu tinggi. Berikan harga yang bersahabat agar banyak orang yang menggunakan katering anda. Makanan lezat dan harga yang bersahabat menjadi kunci kesuksesan usaha katering anda.
Baca Juga : Membuka Usaha Kursus Mengemudi Mobil Dengan Modal Kecil
Demikianlah referensi usaha katering ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua terutama yang masih pemula atau ingin terjun ke dalam usaha katering modal kecil. Terimakasih sudah membaca Tips Sukses Menjalankan Usaha Katering.